Wednesday, May 18, 2016

Obat

Obat menurut KBBI adalah bahan untuk mengurangi, menghilangkan penyakit, atau menyembuhkan seseorang dari penyakit. Sayangnya, hampir pada setiap label obat tertera efek samping obat. Efek samping obat adalah suatu reaksi yang tidak diharapkan yang diakibatkan oleh suatu pengobatan. Efek samping bisa macam-macam, mulai dari yang ringan hingga berat. Reaksi tiap orang juga dapat berbeda. Biasanya reaksi ini hilang ketika pengobatan selesai atau dihentikan.

Saya bertanya-tanya, siapa yang memutuskan sebuah obat itu disebut obat bukan racun. Ahli farmasi kah? Ilmuwan kimia kah? Risiko sebesar apa yang mereka pertaruhkan? Pasti berat ya kerja para ahli di bidang medis, melibatkan nyawa manusia secara langsung.

Omong-omong saya kagum pada orang yang bisa melawan efek samping obat demi sembuh. Saya suka sekali visualisasi di video musik The Sam Willows - For Love soal seorang ibu yang menjalani kemoterapi. Luar biasa.

Udah. Semoga kita semua selalu siap menghadapi ujian hidup ya, termasuk berjuang buat sembuh. Semangat kamu, saya yakin kamu punya semangat besar dan tekad sekuat baja. Semoga lekas kembali. Saya nggak tahu saya harus apa selain berdoa. God bless you.

0 comments:

Post a Comment