Friday, April 1, 2016

Berapa lapis? Ratusan

#nowlistening Kenny G - Girl From Ipanema

Ini saya tulis dari catatan yang saya buat di bus menuju Jakarta, sambil mendengarkan Alina dan Astari berdiskusi dan bercerita, Selasa kemarin.

Kadang saya penasaran, tentang orang-orang yang kelakuannya nggak mainstream, agak berbeda. Hari ini saya dengar cerita tentang orang-orang yang seperti itu. Saya mendengar dari sisi luar, dari sisi orang yang merasa heran dan sangat tidak mengerti kenapa orang tersebut dapat berperilaku begitu "aneh". Saya juga di sisi luar, sebagai orang yang ingin ngintip dalamnya tapi gatau gimana cara minta izinnya.

Saya kadang bertanya, orang-orang ini pernah mempertanyakan kenapa dia berbeda nggak ya? Atau bahkan ga sadar kalau ada perbedaan di diri mereka? Pernah nggak mereka ingin dimengerti dan berusaha mengkomunikasikan apa alasan mereka? Atau udah lelah menjelaskan?

Udah. Saya penasaran dan bertanya. Ga punya jawabannya.

Omong-omong, orang dibilang palsu itu karena apa ya? Gimana caranya tahu yang bagian yang mana yang asli? Di mana sih batas antara adaptif dan pura-pura? Warna asli kulit bunglon muncul ketika apa sih? Kok jadi biologi?

Kadang saya bingung, saya yang asli yang mana sih. Yang aneh dia atau saya sih?

Kalau saya ditanya saya punya berapa lapis topeng, saya jawab ratusan. Biar kaya wafer Tango.

Eh, jangan-jangan orang yang dibilang aneh itu sebenernya cuma mau ngetes, seberapa besar keinginan kamu mengerti dia. Hayoloh. Apa sih Yus.

#nowlistening The Lighthouse and The Whaler - Venice
ini favorit sejak semester lalu, tapi lupa wae judulnya

Kamu pusing kan baca tulisan ini? Saya juga.

1 comment: