Thursday, October 15, 2015

Mbak Yus

Ga kenapa-kenapa. Tiba-tiba aja kepikiran. Biar asyik ceritanya ga berat gitu blognya.

Yang saya inget, sepanjang saya di Bandung/Bandung Barat/Cimahi, ya sekitar situ lah, jarang banget saya dipanggil mbak sama temen. Ya kalau tetangga mah wajar lah ya, kan ngikut Ibu yang manggil saya mbak. Tapi kalau temen aneh juga. Nah ini kok jadi sering selama kuliah. Heran.

Dulu pas SD saya pernah dipanggil Marina. Penyebabnya agak konyol sebenarnya. Saya, Kemal, dan beberapa orang lain saya lupa, sedang jalan ke arah alun-alun. Terus mobil jemputan adik saya lewat, adik saya ini teriak "Mbak Rina". Kedengerannya Marina sama temen-temen saya itu. Mungkin karena kebetulan sedang hits lotion bermerek Marina di TV. Jadilah saya dipanggil Marina selama sekian minggu.

Selanjutnya terjadi saat tingkat 1 di kampus. Sejujurnya nama panggilan saya banyak dan variatif. Entah kenapa HS (kepala cabang) Atletik pas Olimpiade VII KM ITB itu memilih memanggil saya dengan sebutan mbak yus di pertemuan perdana panitia cabang atletik. Jadinya seluruh panitia cabang itu, termasuk abang-abang 2011, ikutan panggil mbak yus. Hadeh.

Di kelas Material Teknik Elektro (tingkat 3) kejadian lagi. Kali ini pelopornya anak elektro 2009. Ga pernah kenalan sebelumnya, ujug-ujug dia nyapa "mbak yus" sekalian ngajak ngobrol. Ini mah saya dipanggil pake nama yusrina aja udah heran tau dari mana. Eh ini malah sampe bikin panggilan. Hm. Gara-gara ini teman-teman sekelas, termasuk Fadhil, ikutan manggil mbak yus. Kemudian dibawa oleh Fadhil ke HME saat masa-masa tugas besar dan diadaptasi menjadi mbak suy. Jadilah sekarang yang akrab di telinga saat saya sedang di lingkungan HME adalah panggilan mbak yus dan mbak suy, selain panggilan normal suy, suyrina, kasuy, dan kak yus (khusus panggilan dari Yusri).

Sejarah ini berdasarkan pengamatan saya. Entah sebenarnya benar begini atau tidak. Sekian sampai jumpa.

0 comments:

Post a Comment