Friday, August 14, 2015

Ujian Komprehensif

#nowplaying Hyukoh - Comes and Goes

Ujian komprehensif merupakan syarat seorang mahasiswa Teknik Elektro dapat mengambil mata kuliah Tugas Akhir I (Capstone Design). Oleh karena itu, lulus ujian ini adalah sesuatu yang penting. Penting untuk mahasiswa tingkat akhir agar dapat segera keluar dari kampus tercinta.



Hari ini ujian komprehensif dilaksanakan. Saya dan Astari berangkat dari kosan saya pukul 12.50 siang, agar ada waktu yang cukup luang hingga dimulainya ujian pada pukul 13.30. Tiba di HME, sudah mulai terasa atmosfer tegang-tapi-pura-pura-santai.

Tiba di depan Laboratorium Komputer Laboratorium Sistem Kendali dan Komputer (Labkom LSKK), lokasi ujian, terlihat ramai mahasiswa yang panik tapi ceria. Albertus menularkan kegelisahannya pada kami yang duduk di bangku dekat Labkom, lebih tepatnya pada saya. Pukul 13.25 kami sudah dapat memasuki ruang ujian. Saya duduk di sebelah kanan Andaswara.

Waktu menunjukkan pukul 14.30. Beberapa mahasiswa sudah keluar dari ruang ujian. Yang tetap tinggal menjadi lebih panik, termasuk saya dan Andaswara. Mungkin Andaswara juga panik karena lihat saya masih menyisakan 2 mata kuliah. Mukanya menampakkan rasa bersalah sekaligus khawatir saat dia berhasil menyelesaikan kesembilan mata kuliah, sedangkan saya sudah tumbang karena kesempatan mengerjakan soal telah habis. Dia keluar dari ruangan mendahului saya. Saya menyusul beberapa menit kemudian karena sudah bingung mau apa dengan soal-soal di layar komputer. Gagal sudah lulus pada ujian kali ini, semoga harus berhasil pada ujian September nanti. Semangat buat teman-teman yang masih harus melanjutkan perjuangan. Kita pasti bisa.

Ada yang nungguin di depan pintu Labkom. Saya tidak bisa tidak meleleh. Sekian

0 comments:

Post a Comment