Friday, March 25, 2016

Sate Maranggi Cibungur

Hai. Saya mau share salah satu tempat makan sate maranggi khas Purwakarta seperti yang pernah saya ceritakan di post ini.

Tempat yang plangnya bertuliskan Sate Maranggi Haji Yetty tapi tulisan di menunya Sate Maranggi Cibungur ini berlokasi di Jalan Raya Cibungur Purwakarta, keluar Gerbang Tol Sadang, di kanan jalan. Tempatnya luaaaaas sekali. Bakarannya banyak dan masing-masing ukurannya agak gigantik dibanding punya mamang sate pada umumnya. Selain itu, jumlah sate yang udah ditusuk dan siap bakar juga banyak banget. Mungkin karena itulah pelayanan di sini cepet banget. Baru pesen, eh langsung datang satenya. Nggak langsung juga sih, ya nunggu bentar lah. Ibu saya menghitung banyak pegawai yang sedang bekerja nusuk-nusukin sate, jumlahnya sampai menyentuh angka 25 orang. Luar biasa ya.


Sate di sini disajikan tanpa bumbu kacang, tanpa bumbu kecap, pakai sambal tomat yang katanya pedas (saya nggak coba). Bukan sambal tomat yang dihalusin gitu, ini tomatnya diiris-iris gitu besar-besar. Nggak pakai sambal dan bumbu-bumbu itu pun, sate ini udah enak banget. Empuk, manis, gurih, rempah, semuanya pas. Gaya ya saya ngomongnya, sok ngerti haha. Untuk sepuluh tusuk sate maranggi sapi harganya Rp 40.000,00. Kata saya sih lebih enak dari Pak Gino. Tapi ya barangkali itu karena saya udah lupa rasa sate Pak Gino ya haha. Saya nyobain sop dan gulenya. Enak juga. Dabest. Nasi timbelnya pulen. Bikin makan banyak pun rasanya nggak kenyang haha. Enak sih.

Udah ah. Oya, satu yang istimewa dan sangat luar biasa. Di menunya, Es Kelapa ditulis duluan dibanding Sate Maranggi.
Dan.
Enak banget.
Serius.
Meski harganya Rp 20.000,00 segelas, kamu ga akan nyesel. Sungguh luar biasa sih. Kelapanya nggak terlalu muda dan nggak tua-tua amat jadi ya gitu enak lembut haha. Es jeruk + kelapa lebih enak lagi sih, tapi ya lebih mahal. Gelasnya lucu, pake mok merek Maspion gitu. Pernah lihat ngga?



Sampai jumpa.

0 comments:

Post a Comment