Wednesday, June 17, 2015

Dangdut

Kemarin ada yang ngomongin "jatuh bangun". Saya jadi teringat lagu dangdut yang populer sekali. Jatuh bangun aku mengejarmu. Namun dirimu tak mau mengerti. Selain populer karena Meggy Z, lagu ini juga dipopulerkan oleh Kristina. Gara-gara teringat lagu ini, kali ini saya mau cerita soal dangdut.

Sebenarnya sedikit nama penyanyi dangdut dan lagunya yang saya tahu. Kebanyakan pengetahuan saya soal dangdut diperoleh saat dulu rajin menonton Kontes Dangdut Indonesia yang ditayangkan sebuah televisi swasta. Lagu dangdut favorit saya adalah Zapin - Iyeth Bustami. Waktu itu seorang kontestan wanita yang membawakan lagu ini, saya lupa namanya. Karena melihat dan mendengar dia bernyanyi begitu indah, saya jadi ingin belajar bernyanyi dangdut. Satu kata yang sering diulang-ulang oleh juri kontes saat dia menyanyi adalah memuji cengkoknya yang bagus. Namun sampai sekarang saya tidak tahu cengkok itu seperti apa.

Setahu saya, cengkok adalah gaya menyanyi yang meliuk-liuk yang dipengaruhi gaya Arab dan Melayu. Tapi kurang tahu sih benar atau tidaknya pengetahuan saya ini. Dulu saat SMA, saya punya teman yang sering ikut kompetisi membaca Quran dan merupakan anggota Divisi Vokalis di ekstrakurikuler. Kalau dia sedang bernyanyi dangdut, ada gaya yang sama seperti saat dia melagukan bacaan Quran. Saat itu saya tidak bertanya bagaimana caranya bisa bernyanyi seperti itu. Tapi saya mulai penasaran. Mungkin itu yang disebut dengan cengkok arab.

Saat kuliah saya masuk paduan suara. Di paduan suara, latar belakang menyanyi masing-masing orang berbeda (meski mayoritas dari penyanyi gereja). Saya menemukan Fiananda yang kalau menyanyi dangdut ada 'keriting'nya. Di suatu malam pelantikan, kami dikerjain kakak tingkat diminta tutup mata. Orang yang ditepuk pundaknya harus menyanyikan lagu dangdut yang judulnya disebutkan oleh kakak tersebut. Fiananda diminta bernyanyi Terlena - Ikke Nurjanah. Bagus sekali sungguh. Sejak saat itu saya sering minta Fiananda untuk ajari saya bernyanyi dangdut. Entah ada hasilnya atau tidak, tapi beberapa saat yang lalu Mbak Ita bilang ada cengkok yang terdengar ketika saya sedang menyanyikan Pemeran Utama - Raisa. HAHA salah tempat ya. Mbak Ita sampai bertanya "Kok bisa ada cengkoknya gitu sih?" haha

0 comments:

Post a Comment