Friday, July 19, 2013

Resume MBC Day 9

Hari ini kami belajar bersama Nyoman Anjani, Ketua Kabinet Keluarga Mahasiswa ITB, tentang kepemimpinan dan KM ITB. Sesi ini dilaksanakan di ruang kuliah yang besar, 9231.

Pada 2013, dari 250 juta rakyat Indonesia, hanya 5.6 juta yang merupakan mahasiswa. Oleh karena itu, mahasiswa sebagai kaum muda harus menjadi solusi untuk masalah di sekitarnya. Mahasiswa berbeda dengan siswa. Mahasiswa memiliki tanggung jawab lebih untuk membangun masyarakat dan diminta unruk mengembangkan karakternya sendiri secara mandiri. Terdapat enam alat yang dapat menjadi sarana pengembangan karakter yaitu Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ), Unit, Tim Beasiswa, Majelis Wali Amanat-Wakil Mahasiswa (MWA-WM), Kabinet, dan Kongres yang semuanya bersatu dalam KM ITB. Beda KM dengan BEM adalah KM melakukan koordinasi dengan rektorat sedangkan BEM berada di bawah rektorat.

Nah, kan kak Nyoman ini merupakan seorang pemimpin. Pemimpin itu adalah seseorang yang knows the way, shows the way, and leads the way. Pemimpin harus tahu apa yang ingin dia ubah lalu menyatakan visinya itu kepada orang lain. Di sini pemimpin harus memiliki communication dan problem solving skill yang baik. Setelah ia mengumpulkan massa yang setuju dengan visinya, pemimpin akan membawa massa tersebut mencapai visi.

Hal yang harus dilakukan pertama kali adalah dare to dream, dare to change. Pemimpin yang berani bermimpi akan dapat memiliki visi yang baik dan dengan keberanian untuk mengubah ia dapat mencapai visi tersebut. Kunci kesuksesan seorang pemimpin adalah kecerdasan, keberanian, dan relasi. Semua kunci ini diperoleh melalui proses. Kita harus mau keluar dari zona nyaman kita ntuk mengetahui apa kekurangan dan potensi kita. Dengan mengetahui kemampuan dan batasan diri ini, kita akan mampu lebih memercayai diri kita sendiri dan meningkatkan keberanian yang kita miliki.

Tips manajemen waktu: tempatkan jiwa dan raga seutuhnya sesuai dengan seharusnya.

Setelah materi kami isoma kemudian cek kenal. Di cek kenal ini diketahui bahwa dari enam sampel hanya tiga yang dapat mengenal semua eltoro yang hadir day 9. Oleh karena itu kami diminta memberikan solusi untuk hal ini dan melaksanakan solusi tersebut sebaik-baiknya.

1 comment:

  1. yus, sedikit copy ya, buat referensiku coz aku gag hadir MBC Day 10

    ReplyDelete