Tuesday, May 19, 2020

Project Akiyama: Week 4 Career Roadmap

Mohon maaf saya ngomong tentang karir dan belajar melulu karena kesehariannya memang berkutat di situ. Kali ini saya sedang buat career roadmap dan development dashboard.

Jika kalian para pembaca adalah warga twitter seumuran saya dengan lingkungan pergaulan yang dekat, kemungkinan besar ketemu sama tweet populer ini ya:


Sejujurnya di awal perkariran saya ga pernah pikir ribet-ribet. Dari bayi sampai kuliah semua sudah ditentukan jalurnya bagaimana, pikir saya, nanti kerja apa juga akan dikasih tunjuk. Namun, ketika mulai enek dengan kuliah yang nggak ngerti "bentuk"-nya kaya apa dan ga kerasa pula yang saya kerjain ini hasilnya bagaimana, saya mulai berpikir untuk pilih jalur karir murtad dari teknik elektro, teknik komputer, dan sebangsanya. (Di kehidupan selanjutnya baru sadar bukan elektro yang bentuknya ga keliatan tapi saya yang ga nyampe pikirannya haha)

Kebetulan pola pikir saya kala semester 6 harus cari kerja praktik kurang lebih sama dengan yang ditweet mas-mas itu. Pertama saya kepo-kepo dulu mau market apa (untuk selanjutnya saya mau sebut market sebagai industri). Waktu itu kakak 2011 yang paling keren dan bisa ditanyain itu Kak Ovi di Accenture, Kak Ratih di Microsoft kebetulan keduanya kecimpung di IT services. Saya yang kekeuh hasil kerjanya harus keliatan ya nggak daftar (ga akan keterima juga lagian dengan resume macam saat itu wkwk wong IPK dapet 3 aja mesti nunggu transkrip semester 5 keluar). Ada profesi apa lagi sih di dunia ini?

Bingung dunia kerja itu sebenernya isinya apa lagi, saya gali-gali mulai dengan intip mimpi zaman SD dulu: kerja di TV. Sebenernya secara spesifik dulu cita-cita saya jadi semacam David Attenborough. Namun, menyadari nggak bisa tiba-tiba terkenal, mungkin bisa dimulai dari kerja di TV atau iklan aja dulu. Maka saya daftar ke NET yang saat itu sedang populer. Lupa waktu itu siapa ya yang info, kak Iffah gitu kalo ga salah. Pilihan kedua ke marketing Unilever sebagai yang produk dan iklannya di mana-mana, ceritanya mau arah ke cita-cita pas SMP jadi copy writer. Keduanya ga ada kabar. Eh, terus ketika nyoba marketing P&G berhasil lolos sampai interview user. Di kantor Senayan sana ketemu Dea yang lagi proses intern finance, yang kemudian ketemu lagi ketika sama-sama kerja di Unilever. Akhirnya P&G ga lanjut proses berikutnya sih. Waktu itu sedih banget tapi ya yaudah.

Tingkat tiga ditutup dengan dapet kerja praktik cuma modal swap nama dengan Demsy. Ajaib memang hidup. Perjalanan mengejar karir yang dimau belum berhenti tentu saja. Interview P&G itu menyisakan rasa penasaran sama industri barang consumables alias bahan habis pakai. Semester akhir kuliah nyoba P&G lagi tapi masih ditolak. Unilever, Nestle, Danone, GSK, semua sama. Akhirnya dapet first job masih dengan modal networking. Ajaib memang hidup. Industrinya agak belok sedikit consumer durable, tapi bisalah dibawa belok balik ke jalur aslinya. Daftarnya marketing tapi ujungnya supply chain karena minta nego gaji haha. Belok juga nih.

Udah nih settle pekerjaan pertama? Sebagai anak baru lulus agak degdegan dong... bener ga ya stepping stonenya? Di fase inilah baru dimulai bikin career roadmap, gara-gara diskusi dengan mentor pertama saya, Pak Fajar, yang kalau di blog ini saya panggil Capt. Ini linkedin learning bikin career roadmap kalo mau nonton. Saya kasih roadmap tiap fase-fase berpikir saya ya. Enak banget kalau lagi perlu buat keputusan maju atau diam. Cuma dulu ya ga dibikin tabel cuma urek-urek di buku wkwk. Btw ini pakai kaidah pindah tuh ga bisa breg langsung ya, satu-satu antara role dulu atau industri dulu.

Roadmap Initial. Mahasiswa tingkat akhir belum pernah kerja


Case1. Offer kerja pertama: industri meleset sedikit, company meleset, role meleset. Decision: diambil da butuh 😀😀 eh ternyata seru -> RoadmapAdj1


Case2. Ketemu senior inspiratif pivot dari Finance ke Supply Chain tanpa pindah perusahaan. Juga terjadi sesuatu di company yang bikin terekspos dengan struktur Finance -> RoadmapAdj2


Case3. Offer kerja kedua. Role sama, industri sama. Nggak mempermudah capai tujuan plus kalo pindah perlu adaptasi perusahaan baru, maka memilih stay di jalur


Case4. Offer kerja ketiga. Dapet nih role logistic sesuai yang direncanakan di Job #1, eh tapi diarahkan ke project 3 months, jadi teteup stay with current roadmap aja deh


Case5. Offer kerja keempat. Ini nih contoh subjectivitas ya. Udah cakep industrinya, cakep pula udah dua tahun kerja saatnya bergerak, tapi tetep ga diambil karena satu dan lain hal wkwk


Case6. Offer kerja kelima. Company idaman yuhuu 💖 Akhirnya pindah kerja within designated timeframe.


Case7. Terusik hatiku.
RoadmapAdj3.






fyi visual guide for Adventure Motorbike 

2 comments: