Tuesday, April 4, 2017

Hari+3

Yusrina ini membanggakan lho. Progressnya luar biasa, eksponensial. Dari sebelas jadi satu.



Hari ini momennya cuma satu, jadi saya ceritain aja ya isinya apa. Kalau kemarin kan sebelas toh, kepanjangan kalau satu-satu dirinci haha.

Di dalam lift menuju lantai dasar, seorang Ayah bercerita pada kawannya, "Iya, anak saya itu lulusan O level. Sekarang sudah kuliah dia, di sebuah universitas internasional."

Saya termasuk satu dari sekian penumpang dalam lift itu. Tak sengaja menyimak perkataan sang Ayah, pikiran saya jadi berkelana ke satu hari di bulan Oktober. "Saya juga punya sertifikat O level. Ingat dulu pernah cerita gara-gara bicara soal pendidikan dan pilihan. Waktu saya cerita itu, saya senang sekali, belum pernah ada teman ngobrol yang semenarik itu. Mau nggak mau pikiran imajinatif saya menampilkan citra keluarga. Tentang bagaimana Ayah dan Ibu menanamkan nilai kepada anaknya bahwa pendidikan itu sesuatu yang penting. Bahwa seorang anak memiliki hak untuk diberikan pengalaman yang luas, sehingga dapat menentukan pilihan yang baik bagi dirinya, ketika dia sudah dapat bertanggung jawab pada pilihannya."

Keluar dari lift, saya berlainan arah dengan Ayah si anak lulusan O level itu. Pikiran saya lompat ke momen beberapa bulan sebelumnya, Mei. Tapi saya lupa redaksinya jadi ga ingin ditulis, nanti diprotes sama masnya haha. Eh tulis aja deng. Kurang lebih.

"Nih, makasih ya."
"Udah bawa aja dulu."
"Nggak ah, repot juga ntar gimana ngembaliinnya. Gatau kapan ketemu."
"Udah bawa aja!" katanya dengan penekanan lebih banyak, namun kemudian melunak, "Nggak baik sebenernya jadi (cowo) yang terlalu dominan, harus mendengar juga. Tapi baiknya kamu bawa aja."
"Beuuh. Haha oke, nanti aku kembaliin kalau kamu ke kampus ya"
(Note: Saya lupa ada kata gender atau engga pada keadaan aslinya, lupa diksinya, tapi kesan yang ditimbulkan pada diri saya adalah kesetaraan pendapat pria dan wanita. Entah. Karena ga ada orang/cowo pernah ngomong gitu ke saya kali ya)
Kesamaan konteks dengan kisah sebelumnya adalah soal pilihan dan mempertimbangkan/mendengar pendapat orang lain. Itu aja sih. Objeknya beda.





#nowlistening Josh Groban - Evermore (From "Beauty and the Beast")

Btw, mendengar kata-kata "Count on you to control.." dan "You have me" itu membangkitkan semangat ya. Thanks, Rose.

0 comments:

Post a Comment