Wednesday, July 12, 2017

Lawan Bicara

Ceritanya kemarin itu saya sedang menyelesaikan sebuah kasus yang sudah berlarut-larut akibat pemahaman yang minim akan business process yang benar. Sebagai orang luar yang kena getahnya doang, rasanya itu ingin marah-marah. Apalagi default saya kalau bicara itu kan marah ya haha. Usaha pertama adalah konsultasi sama konsultan IT buat cari backup data sebagai bahan. Pas disampaikan ke empunya bisnis, eh lha rupanya beliau nggak ngerti sama sekali prosesnya. "Oh itu regional yang urus" kira-kira responsnya ketika diceritain apa yang terjadi. Duh. Saya langsung pergi biar Capt yang menangani, daripada saya emosi. Capt emosi juga sih wkwk. Tapi dia mah jago menahan diri.

Lalu saya chat-lah seorang dari regional. Udah biasa ngobrol sih tapi memang via chat doang. Karena butuh penjelasan yang cukup sulit kalau disampaikan hanya lewat tulisan, dia minta ditelepon.

Saya tekan nomor telepon itu sambil nyiapin mau bicara apa, dengan nada seperti apa. Eh ternyata pas diangkat, suaranya lemah lembut helpful gitu. Dan temponya lambat. Bravo. Saya butuh lawan bicara begini buat bantu saya menahan emosi. Temponya yang lambat bikin saya punya waktu pilih kata-kata yang lebih pantas dan juga lebih mudah dimengerti. Nadanya yang lembut bikin saya ikut nurunin nada bicara. Kerasa banget.

Jadi kesimpulannya saya mau cari tipe begini lagi buat temen cerita (teman hidup? wk). Barangkali saya bisa jadi lebih santun.

Related Posts:

  • Haus Pengakuan "Mane mah udah sangat berprestasi menurut aing di sbd" Cie haha, tiba-tiba dikomen gini sama seorang staf marketing ketika saya bilang bahwa hidup i… Read More
  • Yang Salah, Yang SewotWaktu menunjukkan pukul 21.24 WIB. Saya lagi tidur-tiduran di kasur sambil main ponsel pilih-pilih wallpaper. Ada telepon masuk dari rekan sekantor. S… Read More
  • Orang yang Tepat Ceilah judulnya sensasional hahaha. Anw, tag post saya sekarang banyaknya kantor ya. Ketahuan ga punya kehidupan yang lain wkwkwkwk. Hari ini m… Read More
  • Ingin Jadi IT Consultant Selama berkantor di sini, saya sering ngobrol sama orang IT (yang cuma satu orang karena kantornya mungil). Obrolannya nggak macam-macam karena ya na… Read More
  • Best Feeling Best feeling ever is when you show a simple trick and it solves the problem. Plus ucapan "Hatur nuhun, Teh" dan sorak gembira. I feel content. … Read More

0 comments:

Post a Comment